Kamis, 14 Oktober 2010

Mengapa kalau cuaca dingin kita menggigil?

Temperatur tubuh normal manusia adalah 37 derajat celcius kita tidak dapat menerima suhu yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Seseorang tidak akan tahan dengan temperatur udara di bawah -29 derajat Celcius tanpa mengenakan pakaian yang sangat tebal karena kita akan beku.
ketika temperatur udara lebih rendah dari temperatur tubuh, panas akan mengalir dari tubuh kita. Pada temperatur udara sedang (berkisar antara 15-20 derajat Celcius), tubuh kita tidak terlalu bermasalah.

Suatu kondisi di mana temperatur udara sangat dingin sehingga tubuh melepas terlalu banyak panas sehingga temperatur tubuh akan turun disebut dengan hypothermia. Penurunan panas tubuh badan antara 1-2derajat Celcius mengakibatkan tubuh menggigil, hal ini merupakan salah satu usaha dari tubuh kita untuk menaikkan temperatur tubuh melalui gerakan dari sendi-sendi otot.
Penurunan suhu tubuh yang drastis akan mengakibatkan kehilangan kesadaran dan bahkan kematian.
Kebalikan dari kondisi di atas disebut dengan hiperthermia. Hal ini disebabkan oleh tingginya udara di luar atau faktor dari dalam tubuh kita sendiri yaitu ketika kita menderita demam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar